Kamis, 05 Januari 2017

Warga Bu Selatan Buka Tahun Baru dengan Lakukan Aksi Penghijauan Mata Air

Bu Selatan, KN. Dalam rangka perayaan Tahun Baru 2017, OMK dari 6 Stasi di Paroki Nuaria, yakni Organisasi Muda-Mudi Katolik (OMK) (Nuaria, Wolore'a, Gaikiu, Wolobela, Detuduli dan Woloara) menggelar berbagai macam rangkaian kegiatan di Aula Kapela Stasi Woloara, Desa Bu Selatan, Kecamatan Tanawawo, pada senin-selasa (2-3/01/17).

Berbagai kegiatan yang dilakukan diantaranya; Penghijauan, Pentas Seni, Api unggun rohani, Seminar HIV-Aids. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Bu Selatan bekerja sama dengan Paroki Nuaria, OMK, pelajar, mahasiswa wilayah Bu' dan juga Wahana Tani Mandiri (WTM) melalui kader tani WTM di desa Bu Selatan, Sipri Rehing serta partisipasi beberapa staf WTM. Kegiatan dibuka oleh kepala desa Bu Selatan Sipri Dulle. Tema kegiatan perayaan tahun baru bersama tersebut adalah "Bersama dalam iman menuju masa depan yang berintegritas kristiani".

Mengawali acara tersebut dengan dilaksanakannya Penghijauan mata air di 2 mata air; yaitu mata air Lowo labo dan Lowo Se, dengan menanam ribuan stekan beringin, dadap. Dua jenis pohon ini menjadi pilihan warga sebagai pelindung mata air. Pelaksanaan kegiatan penghijauan ini, peserta dibagi menjadi 2 kelompok. Peserta OMK menghijaukan mata air "Lowo Se" di Woloara, desa Bu Selatan yg difasilitasi oleh Sipri Dulle (Kepala Desa Bu Selatan) serta Dedy Alexander (koord pertanian WTM) dan Dody Efendi (staf lapangan) Wahana Tani Mandiri (WTM).

Sedangkan peserta lainnya dari pelajar, mahasiswa dan masyarakat difasilitasi oleh Ony (Kepala Urusan Pemerintahan Desa Bu Selatan) dan Sipri Rehing (Kader Tani WTM) serta Martinus Maju (staf lapangan WTM).

Setelah Penghijauan, acara dilanjutkan dgn Pentas Seni budaya dan ditutup dengan perayaan ekaristi oleh romo Luciano Neo Wio Ocarm. Dalam kotbahnya, Romo Lucy menegaskan bahwa perlindungan terhadap generasi pewaris dari berbagai pengaruh negatif itu penting dilakukan oleh Gereja. Selain itu juga penyelamatan lingkungan sebagai wujud dari upaya menjaga keutuhan ciptaan Tuhan yang mana dunia sedang diterpah climate change (perubahan iklim). Tentunya fakta ini akan berdampak buruk bagi generasi pewaris, tukas pastor paroki Nuaria.

Sipri Dulle (Kepala Desa Bu Selatan, yang dihubungi di sela-sela kegiatan mengatakan bahwa kegiatan OMK ini bertujuan untuk membangun semangat kebersamaan bagi muda mudi se-paroki Nuaria serta memupuk rasa cinta terhadap lingkungan khususnya mata air. Sedangkan menurut Alex, Koordinator Advokasi Pertanian WTM) bahwa dengan melakukan penghijauan di mata air sama halnya kita melestarikan ekologi dan mempertahankan ketersediaan mata air. Karena air adalah kebutuhan yg paling mutlak bagi kehidupan, Jadi merawat dan menghijaukan mata air sama halnya anda menghapus air mata.

Tidak ada komentar:

<marquee>WTM LAKUKAN VAKSIN AYAM DI 3 KELOMPOK TANI DI EGON GAHAR</marquee>

Ansel Gogu (Kader Tani WTM) sedang Vaksin ayam anggota Kel. Tani Egon Gahar, KN , Dalam rangka mendorong sebuah pola budi daya ternak t...