Selasa, 08 Agustus 2017

WTM LAKUKAN KAJIAN PSDA DI DUA DESA

Will Woda (Koord. Advokasi CEPF sedang Fasilitasi PSDA di Dobo Nuapuu
Maumere, KN. Dalam rangka mewujudkan pelatihan Legal Drafting, dibutuhkan sebuah kajian awal sebagai materi dalam proses pelatihan tersebut. Untuk itu, dua tim tersebar di wilayah desa Dobo Nuapu'u dan Napugera. Di Dobo Nuapu'u difasilitasi oleh Wihelmus Woda (Koordinator Advokasi CEPF) dan Aleks Bambang, Koordinator Pertanian WTM, yang juga dihadiri Sergius Solo, Kepala Desa Dobo.

Herry Naif, sedang Fasilitasi Kajian PSDA
Sedangkan di Desa Napugera, difasilitasi oleh Herry Naif, Koordinator Program WTM-CEPF, Martinus Maju dan Yohanes Dawa (Fasilitator Lapangan Misereor). Juga hadir pada saat itu, Stefanus Tuda.

Kedua kegiatan ini dilakukan bersamaan di desa masing-masing tetapi pada hari yang sama yakni, tanggal 5 Agustus 2017. 

Kajian di desa Napugera, menggunakan Metode PRA terkhusus alat bantu Diagram Venn (pemetaan aktor). Dalam proses itu, diidentifikasi ada begitu banyak aktor baik internal maupun eksternal yang ikut berperan di desa Napugera. 

Diidentifikasi bahwa aktor yang berperan selama ini adalah Kepala Desa, BPD, Poktan, Kelompok Wanita Tani, Dinas Pertanian/PPL, Dinas POK, Pansimas,  Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Dinas PMD, Pemerintah Kecamatan, Polisi Desa, Babinsa, OMK.

Dari berbagai aktor yang ada kemudian dibuat klasifikasi untuk menentukan jauh dekat sesuai dengna peran. Dalam kajian itu kemudian ditentukan jauh-dekat sesuai dengan peran yang dimainkan oleh para aktor. 

Kajian ini dilakukan sebagai sebuah proses awal sebelum dilakukan pelatihan legal drafting, yang mana merupakan salah satu kegiatan dari program “Peningkatan Kapasitas Petani dalam Adaptasi Perubahan Iklim lewat Pendekatan Usaha Tani Berbasis Konservasi” kerja sama WTM dengan Misereor. (Ryn - KN)



Tidak ada komentar:

<marquee>WTM LAKUKAN VAKSIN AYAM DI 3 KELOMPOK TANI DI EGON GAHAR</marquee>

Ansel Gogu (Kader Tani WTM) sedang Vaksin ayam anggota Kel. Tani Egon Gahar, KN , Dalam rangka mendorong sebuah pola budi daya ternak t...