Rabu, 03 Februari 2016

EVALUASI PANITIA DAN PERENCANAAN STAF WTM

Kesibukan lembaga tidak memudarkan semangat dari kru WTM. Setelah beberapa hari sibuk dengan persiapan perayaan syukur Hari Ulang Tahun ke-20, dilanjutkan dengan pertemuan evaluasi kader yang berlangsung seharian kemarinnya. Namun keesokannya para staf WTM kembali berkumpul lagi di Kantor WTM yang berada di Maumere untuk melakukan evaluasi kepanitian dan sekaligus membuat perencanaan bulanan (02/02).

Win Keupung: Evaluasi Bulanan dilakukan penuh persaudaraan
Kegiatan ini, awalnya dipimpin oleh Direktur. Beliau memfasilitasi mengenai sistem dan manajemen kelembagaan terutama dalam pengimplementasian program dan kegiatan-kegiatan kelembagaan. WTM punya corak khusus dalam sistem dan manajemen, terutama dalam pengembangan usaha pertanian. Kita juga tidak hanya melakukan kegiatan-kegiatan di kelompok tani tetapi kita juga perlu terlibat dalam advokasi hak-hak petani yang tidak diperhatikan. Karena itu, perlu dirancang agar adanya pertemuan para kader tani dengan pemimpin di SIkka agar membahas soal kepentingan petani.

Setelah itu, beliau harus meninggalkan pertemuan karena kedukaan dan dilanjutkan oleh Herry dalam memfasilitas evaluasi kepanitaan Perayaan Syukur HUT ke-20. Kegiatan ini diawali dengan tanggapan dari setiap staf tentang acara tersebut. Banyak hal disampaikan di sana dan kemudian dirangkum oleh fasilitator bahwa kekurangan dan kelebihan adalah milik WTM. Evaluasi ini menjadi pembelajaran agar kegiatan-kegiatan selanjutnya tidak mengalami problem yang sama.

Selain itu juga disinggung mengenai efesiensi dan efektifitas kerja yang harus ditingkatkan dalam berbagai aspek agar setiap kita sungguh bermanfaat bagi lembaga ini. Setiap kita harus punya sikap dan nilai yang memberi dukungan dalam membesarkan lembaga ini, demikian ujar Herry.

Setelah evaluasi dilakukan, Herry selaku ketua panitia perayaan HUT membubarkan kepanitian.

Bukan hanya sampai di sini, kemudian setiap staf WTM perlu membuat perencanaan bulanan agar menghindari kesimpangsiuran pelaksaan kegiatan di kelompok dan kantor. Tanpa perencanaan, diyakini bahwa setiap staf tidak punya arahan kerja yang jelas.

Dalam presentasi perencanaan, Wil Woda selaku koordinator Kabar Nuhang meminta kepada para fasiltator lapangan agar setiap kegiatan didokumentasikan dengan baik terlebih dibuatkan dalam sebuah pemberitaan agar kemudian diseleksi untuk diterbitkan pada Kabar Nuhang yang rencanya akan dicetak dalam minggu ini, demikian ujar putra asal takaiku.

Tidak ada komentar:

<marquee>WTM LAKUKAN VAKSIN AYAM DI 3 KELOMPOK TANI DI EGON GAHAR</marquee>

Ansel Gogu (Kader Tani WTM) sedang Vaksin ayam anggota Kel. Tani Egon Gahar, KN , Dalam rangka mendorong sebuah pola budi daya ternak t...