Senin, 08 Februari 2016

Hujan Bukan Saja Berkah, Tetapi Bisa Jadi Bencana

Pada musim penghujan tahun ini sangat tidak pasti. Bahwa musim hujan diawali pada bulan desember setelah itu kekeringan panjang. Namun seminggu terakhir ini hujan terus mengguyur kota maumere dan sekitarnya.

Kanis Garu, Kader Tani Desa Done, Magepanda
Kanis Garu (Kaderi Tani WTM) yang ditemui di rumah tinggalnya (8/02) mengatakan bahwa "Hujan yang mengguyur wilayah Kecamatan Magepanda sejak tanggal 29 Januari ini ternyata bukan berkah bagi petani di Done yang mana membawa bencana banjir, yang mana persawahan puu naka menjadi korban". Ujarnya

Lebih lanjut, Kanis menjelaskan bahwa padi yang saya tanam untuk kebutuhan penelitian saya akan varietas padi lokal dengan kawin silang harus terhanyut. Padahal tanggal 22 Januari saya sudah sama dua kelompok bergotong royong menanam padi sawah di lokasi tersebut. Dari hitungan saya kurang lebih ada 38 Ha yang rusak itu adalah milik sawah dari 63 KK. Sedangkan ada 28 KK adalah anggota kelompok tani yang didampingi WTM selama ini.

Bukan hanya persawahan yang jadi korban tetapi menurut Kanis Garu (Kader Tani WTM) menyatakan bahwa, masih ada 4 kerbau, sapi 3 ekor, Kambing 7 ekor. Dan kerugian lain belum tercatat detail karena banyak pisang dan lain-lain.

Pada saat Banjir, tanggal 31 juga Pemkab Sikka juga kunjungan ke lokasi bencana. Semua data kerusakan sudah didatakan, tetapi sampai hari ini belum ada informasi lanjut.

Kanis yang adalah kader tani WTM juga pada kesempatan itu menyatakan bahwa banjir ini juga akibat pengelolalan kebun yang tanpa pola usaha tani yang baik. Tidak ada teras sering di lahan-lahan yang miring. Padahal bila ada teras sering dan tanaman teras tentunya air yang ada itu tertawan dalam kebun ataupun bila hujan berlebih maka tidak terjadi hujan karena airnya sudah terbagi.

Tidak ada komentar:

<marquee>WTM LAKUKAN VAKSIN AYAM DI 3 KELOMPOK TANI DI EGON GAHAR</marquee>

Ansel Gogu (Kader Tani WTM) sedang Vaksin ayam anggota Kel. Tani Egon Gahar, KN , Dalam rangka mendorong sebuah pola budi daya ternak t...