Senin, 29 Februari 2016

PROFIL: KELOMPOK TANI USAHA BARU


Kelompok Usaha Baru adalah sebuah kelompok tani dampingan WTM yang berada di desa Tuwa kecamatan Tana Wawo. Kelompok ini terbentuk pada tahun 2009 dengan jumlah anggota 16 orang yang diketuai bapak Blasius Rowa yang terkenal ulet, didampingi oleh Ferdinandus Yandayani Wula sebagai sekretaris yang juga merangkap sebagai bendahara yang dikenal memiliki semangat sosial kemasyarakatan yang tinggi. Selain itu kelompok ini juga memiliki bapak Ambrosius Mba, yang memiliki semangat yang tinggi. Dialah yang menjadi penggerak untuk setiap kegiatan kelompok, mencari dan memanggil anggota kelompok ketika dilangsungkan kegiatan kelompok.
 

Dengan komposisi pengurus yang baik ini mampu membawa kelompok kepada perkembangan yang cukup signifikan. Sejak tahun 2009 hingga sekarang banyak terobosan yang telah berhasil dibuat kelompok. Kelompok memberlakukan scheadule tetap yang  sudah ditentukan dan disetujui bersama, diantaranya adalah pertemuan bulanan, gotong-royong kerja kebun, arisan bulanan berupa uang dan tanaman dan berbagai kerja sosial lainnya. Kelompok Usaha Baru juga selalu menjalankan pertemuan rutin bulanan yang biasa dilaksanakan di sore hari pada Sabtu ketiga dalam bulan. Setiap kali terjadi pertemuan, kelompok menjalankan arisan kelompok sebesar Rp. 25.000 per orang. Setiap kegiatan selalu dibuka oleh ketua kelompok kemudian dilanjutkan dengan laporan keuangan dari pengurus lalu dilanjutkan dengan diskusi kelompok dan perencanaan kelompok.
 

pada bulan Desember tahun 2015 yang baru lewat, semua anggota kelompok telah menggali ratusan lubang untuk penanaman anakan kakao di setiap kebun mereka. Selain itu mereka juga telah menanam bibit padi unggul disetiap kebunnya yang sebelumnya sudah disebarkan pupuk hijau.
 

Kelompok yang satu ini juga terkenal dengan solidaritasnnya yang begitu tinggi. Mereka selalu bergotong royong membantu warga masyarakat di sekitar yang mengalami kesulitan tanpa membeda-bedakan apakah dia anggota atau bukan. Di setiap keduakaan yang terjadi di sekitar, mereka selalu memberikan sumbangan berupa beras dan uang. Bukan hanya itu, kelompok juga biasanya bergerak cepat untuk membangun tenda dan menyiapkan perabot yang dibutuhkan, misalnya kursi meja dll. Selain peristiwa keduakaan, mereka juga selalu bersedia membantu menyumbangkan tenaga serta uang untuk acara pernikahan atau komuni pertama.
 

Berkat terobosan-terobosan yang menarik inilah, kelompok Usaha Baru yang kental dengan semangat gotong royong ini tetap eksis hingga sekarang dengan kas kelompok sebesar Rp.25.000.000. Dan menariknya lagi, kelompok ini telah memiliki sebuah genset pembangkit listrik yang dibeli dari uang khas kelompok. Kini genset tersebut telah dimanfaatkan untuk kepentingan mereka bersama. Sekses Terus Petani !!!!
   

Tidak ada komentar:

<marquee>WTM LAKUKAN VAKSIN AYAM DI 3 KELOMPOK TANI DI EGON GAHAR</marquee>

Ansel Gogu (Kader Tani WTM) sedang Vaksin ayam anggota Kel. Tani Egon Gahar, KN , Dalam rangka mendorong sebuah pola budi daya ternak t...