Senin, 02 Mei 2016

Perencanaan Pelaksanaan Program WTM - CEPF

Maumere - KN, Program "Increased Revenue Community Sustainable ecosystem Management in the Egon Region (Peningkatan Pendapatan Masyarakat dalam Mendukung Pengelolaan Ekosistem Berkelanjutan di Kawasan Egon)" kerja sama Wahana Tani Mandiri (WTM) dengan Critical Ecosystem Partnership Fund (CEPF), yang akan dilaksanakan dua (2) tahun sesuai dengan Memory of Understanding (MoU) antar kedua lembaga. Diskusi ini dilakukan di kantor WTM pada senin, 2 Mei 2016.

Carolus Winfridus Keupung, mengawali pertemuan ini dengan menjelaskan bahwa kesepakatan pelaksanaan proyek ini diawali dengan pembukaan peluang kerja sama antara CEPF dengan beberapa lembaga di Flores. Sebuah proses yang panjang diikuti oleh WTM mulai dari penyusunan konsep note yang berdasarkan investigasi lapangan hingga pada penyusunan proposal. Seingat saya itu, sejak bulan November, ulasnya. 

Sebuah proses yang panjang ini menyita banyak perhatian untuk benar-benar menghasilkan sebuah landasan program yang berpihak pada penyelamatan hutan demi sampai pada penyedian layanan alam yang lestari. Karena itu, harapan saya bahwa program ini hendaknya selain difokuskan pada penyelamatan lingkungan juga dengan pengembangan kapasitas petani terutama dalam pengembangan ekonomi agar dalam rentang waktu proyek tersebut memberikan sebuah dampak positif terutama hal-hal ekonomi, kata pria yang selalu ceria itu. 

Sedangkan Kristoforus Gregorius (Koordinator Pengembangan Pertanian mengatakan bahwa saya bersama teman-teman akan mencoba melakukan pemetaan kapasitas petani di sana. Mengawali program ini, saya dengan beberapa kawan akan melakukan pemetaan kapasitas setelah itu melakukan Perencanaan Petani dan Kelompok tani agar apa yang dilakukan petani tahun ini lebih fokus dan secara teknis pertanian akan mengacu pada pola pengelolaan petanian terpadu dan pengembangan ternak dan perkebunan yang terencana berasas pada analisa usaha tani yang dibuat bersama, ujarnya. 

Sedangkan Herry Naif, Koordinator Program dalam pelaksanaan program ini di akhir pertemuan mengatakan bahwa program ini telah diatur dalam beberapa tahapan sesuai dengan pencapaian. 

Hendaknya tim WTM memahami dan menjalankannya bersama rakyat agar beberapa tujuan khusus itu mendorong pencapaian tujuan besar program yakni penyelamatan kawasan Egon, penyelamatan sumber mata air dan peningkatan ekonomi melalui pengembangan pola pertanian yang selama ini dilakukan WTM di beberapa wilayah lainnya. 

Hanya dengan tekad bersama antara WTM dan partisipan program tentunya akan memberi dampak positif bagi rakyat dalam kawasan. Saatnya rakyat memelihara kawasan untuk dirinya dan anak-cucunya, demikian ujarnya.


Tidak ada komentar:

<marquee>WTM LAKUKAN VAKSIN AYAM DI 3 KELOMPOK TANI DI EGON GAHAR</marquee>

Ansel Gogu (Kader Tani WTM) sedang Vaksin ayam anggota Kel. Tani Egon Gahar, KN , Dalam rangka mendorong sebuah pola budi daya ternak t...