Sabtu, 12 November 2016

MEMOTRET SUMBER MATA AIR WAIR PU'AT

WAIR PU’AT, sebuah nama mata air yang kini menjadi nama perkampungan setempat dimana sebaran rumah warga berada di sekitar mata air tersebut. Mata air ini terletak di sebelah timur Desa Hale tepatnya di RT 010 jalur sebelum memasuki kampong Glak dan berjarak kurang lebih 3 km dari pusat desa.

Mata air ini hanya dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat RT 010 dari 84 KK di RT setempat, karena belum ada pengembangan jaringan pipa hingga sekarang. Kondisi lingkungan disekitar mata air adalah kebun milik warga dimana sebagiannya sudah ditanami tanaman umur panjang seperti kemiri dan kakao.

Ada beberapa jenis pohon pelindung yang masih ada di sekitar mata air seperti lawan, beringin, dihi dan bambu. Jenis pohon pelindung mata air sudah berkurang yang berdampak pada menurunnya debit air saat musim kemarau, sehingga titik mata air ini juga sudah direncanakan oleh kelompok untuk dilakukan penghijauan.

Mata air “WAIR PU’AT ini dikelolah pemanfaatannya sejak Tahun 2010 dari program PNPM namun belum dimanfaatkan secara merta oleh masyarakat setempat karena belum ada pengembangan jaringan pipa hingga sekarang.

Tidak ada komentar:

<marquee>WTM LAKUKAN VAKSIN AYAM DI 3 KELOMPOK TANI DI EGON GAHAR</marquee>

Ansel Gogu (Kader Tani WTM) sedang Vaksin ayam anggota Kel. Tani Egon Gahar, KN , Dalam rangka mendorong sebuah pola budi daya ternak t...