Senin, 13 Maret 2017

Rapat Persiapan Workshop Pengelolaan Sumber Daya Alam di Mapitara

Maumere, KN. Wahana Tani Mandiri (WTM) dalam kerja samanya dengan critycal Ecosystem Partnership Fund (CEPF) dalam program Improving Ecoystem Manajement and Livehoods in around Mt. Egon Indonesia, memiliki salah satu aktifitas program yakni Workshop Pengeolaan Sumber daya alam. Workshop ini diawali dengan Studi Pengeloaan Sumber Daya Alam (PSDA) di Wilayah Mapitara, yakni desa Egon Gahar, Natakoli, Hale dan Hebing. Kegiatan Workshop ini akan dilanjutkan dengan penyusunan Rancangan Peraturan Desa (Perdes) yang mengatur tentang Pengelolaan Sumber daya alam yang eko-humanis.

Rencananya kegiatan ini akan dilangsungkan di Paroki Hebing dengan menghadirkan Nara Sumber John Bala (Direktur Lembaga Advokasi dan Pendidikan Kritis (Ba'Pikir)), dan Yohanes Suban Kleden (PBH Nusra). Sebagai persiapan, Tim Program WTM - CEPF melakukan pertemuan di kantor WTM, Jalan Wairklau yang dipimpin oleh Wihelmus Woda, Koordinator Advokasi (13/03), . Hadir dalam kegitan tersebut Herry Naif (Koordinator Program WTM - CEPF).

Dalam rapat itu, tim menyepakati Mus Mulyadi sebagai ketua dan Yanto Yustinus sekretaris panitia penyelenggara kegiatan workshop tersebut. Pembahasan ini menyangkut berbagai bagai hal teknis agar bagaimana menyukseskan tersebut. Herry Naif (Koordinator Program) menegaskan bahwa wilayah penyelenggaraan kegiatan itu masih sulitnya komunikasi melalui handphone dan lain-lain karena itu harus jauh-jauh sebelum kegiatan harus diatasi. Malah semua harus diselesaikan sebelum penyelenggaraan agar kegiatan itu tidak mengalami hambatan, ujarnya.

Sedangkan Enesita Dua Sina, mengatakan bahwa saya akan mempelajari anggaran dan mencoba untuk mendrafting anggaran agar penggunaan budget tepat sesuai dengan apa yang terterah dan malah memang harus dipikirkan agar berbagai pengeluaran itu sesuai dengan besaran budget yang tersedia. Sebelum menutup pertemuan tersebut dibahas juga beberapa hal teknis tentang pelaksanaan program terutama tentang pengechekan tanaman penghijauan di wilayah mata air yang dihijaukan bersama berbagia komponen, pembibitan tanaman komoditi yang dilakukan dan pengadaan ayam dengan mencari sebuh mekanisme yang tepat agar berjalan sesuai dengan apa yang dicita-citakan bersama. (Ryn-KN)

Tidak ada komentar:

<marquee>WTM LAKUKAN VAKSIN AYAM DI 3 KELOMPOK TANI DI EGON GAHAR</marquee>

Ansel Gogu (Kader Tani WTM) sedang Vaksin ayam anggota Kel. Tani Egon Gahar, KN , Dalam rangka mendorong sebuah pola budi daya ternak t...