Minggu, 21 Mei 2017

PROFIL KELOMPOK TANI NUA HEU PEGA

Kelompok Nuaheu Pega adalah sebuah kelompok tani dampingan WTM yang berada di Nuaheu Pega, desa Bu Selatan, Kecamatan Tanawawo. Kelompok ini adalah gabungan anggota kelompok tani yang telah lama didampingi WTM sejak tahun 1995.

Tahun 2014, tepatnya 1 Oktober dibentuk kelompok Nuaheu Pega dengan jumlah anggota 14 orang dimana laki-laki 4 orang dan Perempuan 10 Orang yang diketuai oleh Siprianus Rehing, Sekaligus Kader Tani di Desa.

Dengan kondisi kelompok yang awalnya macet, Sipri menggerakan kelompok Tani secara perlahan dengan berbagai motivasi, bimbingan dan kerja langsung bersama anggota, mulai dari kerja gilir, iuran rutin, pertemuan bulanan, arisan dan diskusi bersama PL WTM (Dedi Alexnader Bambang) yang selalu membantu dengan Teknis Usaha Tani Terpadu.

Bukti nyata sudah dirasakan kelompok dengan kerja sama yang baik dan semangat gorong royong semua anggota punya kebun pangan (padi-jagung). Pada bulan Mei 2016 semua kebun anggota selesai panen padi dan jagung. Dimana hasil kelompok tani tidak boleh dipandang sebelah mata walaupun anggotanya rata-ratan sudah tuah tetapi taetap semangat dan terus aktif dalam kegiatan kelompok.

Selain itu kelompok Nuaheu Pega punya jaringan dan relasi dengan pihak luar cukup bagus berkat terobsoan yang dilakukan oleh Sipri sebagai ketua yang selalu dekat dengan Pemdes, Dinas terkait termasuk dengan BPK, Dinas Pertanian, Dinas Peternakan, LSM dan juga program WTM, kelompok juga banyak mengirim proposal untuk perkembangan kelompok. Mengingat kas kelompok kasih sedikit kurang lebih Rp. 350.000 kelompok juga menjalin kerja sama dan banyak pihak terkait kegiatan di kelompok.

Pada bulan Maret 2016 yang lalu kelompok melakukan penghijauan mata air di Nuaheu Pega, bersama dengan Pemerintah Desa, PPL dan PL WTM menanam anakan dadap di sekitar mata air. Masih banyak kegiatan-kegiatan yang telah dan yang akan direncanakan oleh kelompok dengan harapan dan cita-cita serta tujuan kelompok lain mandiri dna semakin maju. (AB-Tim KN)

Tidak ada komentar:

<marquee>WTM LAKUKAN VAKSIN AYAM DI 3 KELOMPOK TANI DI EGON GAHAR</marquee>

Ansel Gogu (Kader Tani WTM) sedang Vaksin ayam anggota Kel. Tani Egon Gahar, KN , Dalam rangka mendorong sebuah pola budi daya ternak t...