Sabtu, 20 Mei 2017

KELOMPOK TANI DAMPINGAN WTM DI EGON GAHAR BERBENAH DIRI

Yan Vitalis Yulianus, Kepdes Egon Gahar buka acara Pelatihan
Maumere, KN. Pelatihan Manajemen Kelompok untuk 6 Kelompok tani (Pengurus) dan Kader Tani di desa Egon Gahar yang difasilitasi oleh Yanarius Yustinus (Fasilitator Lapangan), Alexander Saragih (Koordinator Pertanian) dan Herry Naif (Koordinator Program) di kantor Desa Egon Gahar, (20/05).
Kegiatan ini dibuka oleh Yan Vitalis Yulianus (Kepala desa Egon Gahar). Dalam sambutannya, Yulianus mengharapkan agar perserta mengikuti kegiatan ini secara serius demi pembenahan kelompok tani yang ada di wilayahnya.
Kami juga mengucapkan terima kasih kepada WTM yang selalu membantu warga kami terutama dalam peningkatan kapasitas petani baik dalam teknis maupun dalam upaya manajemen yang lebih baik, ujarnya.

Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan Refleksi kondisi kelompok tani yang difasilitasi oleh Maesty Merimo. Dalam presentasinya, Mestik mengatakan bahwa kelompok tani yang ada di Egon Gahar belum memiliki sebuah pembenahan sebagaimana sebuah organisasi yang baik. Karena itu, perlu dilakukan pelatihan manajemen agar ini kemudian kelompok-kelompok tani yang didampingi WTM membenahi dirinya. 

Lebih lanjut, Yanarius Yustinus memfasilitasi tentang pentingnya manajamen kelompok dari perspektif administrasi agar itu menjadi bukti pendukung bagi sebuah kelompok. 

Sedangkan, Herry Naif mempresentasikan tentang sebuah model kepemimpinan yang bagaimana yang diinginkan kelompok tani. Ada kepemimpinan otoriter, demokratis, lieses Fiere, situasional dan patrenalistik. Dari beberapa kepemimpinan yang dibutuhkan kawan-kawan petani saat ini. 

Setelah itu, Alex mengajak peserta untuk melihat apakah dalam kelompok telah dilakukan perecanaan, montoring dan evaluasi. Karena ini akan menjadi dasar untuk melihat sejauh mana kelompok tani masih sehat ataukah mulai kesakitan, ujarnya. (Ryn - KN)

Tidak ada komentar:

<marquee>WTM LAKUKAN VAKSIN AYAM DI 3 KELOMPOK TANI DI EGON GAHAR</marquee>

Ansel Gogu (Kader Tani WTM) sedang Vaksin ayam anggota Kel. Tani Egon Gahar, KN , Dalam rangka mendorong sebuah pola budi daya ternak t...