Rabu, 21 Juni 2017

7 KELOMPOK TANI DI HEBING IKUTI PELATIHAN MANAJEMEN KELOMPOK

Maumere KN, Dalam rangka pembenahan dan perbaikan manajemen kelompok tani, Wahana Tani Mandiri (WTM) dalam kerja samanya dengan Crytical Ecosystem Partnership Fund (CEPF) dalam Program "Improving Ecosystem Managemen and Livehoods around Mt. Egon Indonesia, yang dilakukan sejak bulan Mei 2016. Itu berarti bahwa proses pendampingan WTM telah berlangsung setahun program karena itu dinilai bahwa pembenahan manajemen kelompok menjadi sesuatu yang penting dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas kerja sama, solidaritas dan keorganisasian.

Kegiatan Pelatihan Manajemen yang dilakukan di desa Hebing ini mengikutsertakan 7 kelompok Tani diantaranya: Kelompok Rulaling, Cinta Sesama, Baru Muncul, Gawer Gahar, Watu Kogang, Watu Wawit dan Natar Maget, 6 Juni 2017.

Kegiatan ini dibuka oleh Wihelmus Woda (Koordinator Advokasi WTM - CEPF. Dalam pembukaannya, Will menegaskan bahwa pengurus kelompok-kelompok tani dampingan yang hadir pada kesempatan ini adalah menjadi signal positif dimana kita ingin memperbaiki manajemen yang selama ini kita bangun. Atau mungkin juga selama ini kita asal berkelompok. Sebab, berkelompok atau berorganisasi butuh sebuah pengetahuan akan manajemen yang baik untuk diterapkan.

 Kegiatan ini difasilitasi oleh dua fasilitator Lapangan WTM-CEPF (Yustinus Yanto) dan Marianus Mayolis. Kegiatan pembelajaran ini berjalan seru yang mana selain ada presentasi, tanya jawab dan diskusi kelompok. Malah, kelompok-kelompok tani itu mentestimonikan apa yang selama ini terjadi pada kelompoknya sebagai wujud pembelajaran bersama.

Materi yang disampaikan yakni, tentang Administrasi kelompok, model-model kepemimpinan, kerja sama, dan berbagai materi lain yang punya kaitan dengan manajemen kelompok. (Ryn-KN)

Tidak ada komentar:

<marquee>WTM LAKUKAN VAKSIN AYAM DI 3 KELOMPOK TANI DI EGON GAHAR</marquee>

Ansel Gogu (Kader Tani WTM) sedang Vaksin ayam anggota Kel. Tani Egon Gahar, KN , Dalam rangka mendorong sebuah pola budi daya ternak t...