Kamis, 20 Juli 2017

WTM VAKSIN AYAM DI DESA NATAKOLI DAN HEBING

Vaksin ayam di wilayah dusun Galit, Hebing (20/7). Foto: Lex
Maumere KN, Setahun program Improving Ecosystem Managemen and Livehoods around Egon Mountion, Indonesia diimplementasikan atas kerja sama Wahana Tani Mandiri (WTM) dan Crytical Ecosystem Partnership Fund (CEPF), ada begitu banya aktifitas yang dilakukan baik dalam peningkatan kapatasitas kepada kader maupun pada anggota kelompok. Selain juga dilakukan advokasi kebijakan terhadap pemerintah lokal dan daerah pun dilakukan advokasi teknis bagi kelompok dampingan WTM.

Salah satu kegiatan yang secara periodik dilakukan adalah vaksinasi terhadap ayam-ayam pemeliharaan anggota ataupun ayam yang didistribusi WTM dalam Program tersebut.

Sebagai upaya riil dari program itu, kru WTM yang dikoordinir oleh Alexander Saragih (Koordinator Advokasi Pertanian) dan Marianus Mayolis dan Mus Mulyadi (Fasilitator lapangan) melakukan vaksinasi ayam. Kegiatan itu dilakukan pada Kamis (20/07) di desa Natakoli dan Hebing, Kecamatan Mapitara.

Kegiatan ini berjalan alot karena para anggota kelompok membawa ayam menuju titik-titik wilayah vaksinasi. Para anggota berbondong-bondong ke tempat vaksinasi ayam sambil membawa ayam mereka.

Mus Mulyadi (Fasilitator Lap.) sedang lakukan Vaksin Ayam di Natakoli
Alexander Saragi (Koordinator Pertanian WTM) mengawali kegiatan itu dengan penjelasan teknis tentang bagiamana melakukan pencampuran dan bagaimana teknis penyuntikan. Lebih dari itu, Aleks menegaskan bahwa WTM secara kelembagaan mendorong pengendalian penyakit ayam dengan cara-cara yang selama ini dilakukan oleh masyarakat dengan menggunakan berbagai ramuan lokal.

Namun, WTM dalam program ini juga menawarkan vaksinasi periodik. Kita menggunakan dua cara ini agar membantu daya tahan tubuh ayam piaraan kawan-kawan petani di wilayah Mapitara. Kami yakin bahwa kalau kita serius menjalankan budidaya ternak ayam yang akan membantu meningkatkan kualitas hidup rakyat disini, harapnya.

Sedangkan Maksen Edison, Ketua Kelompok Watu Kogang mengatakan bahwa vaksin ini adalah yang kedua kali. Periode pertama pada tanggal (20/04). Kami melihat bukti riil bahwa ayam-ayam yagn divaksin tidak mati bila ada serangan penyakit tetelo pada ayam. Fakta ini kemudian membuat banyak anggota kelompok mengantar ayamnya agar divaksin oleh Tim WTM.

Kami berterima kasih kepada WTM yang terus membatu kami terutama memberikan pembelajaran-pembelajaran riil yang kami bisa buat nanti, ujar kepala dusun Galit.  (Ryn-KN)


Tidak ada komentar:

<marquee>WTM LAKUKAN VAKSIN AYAM DI 3 KELOMPOK TANI DI EGON GAHAR</marquee>

Ansel Gogu (Kader Tani WTM) sedang Vaksin ayam anggota Kel. Tani Egon Gahar, KN , Dalam rangka mendorong sebuah pola budi daya ternak t...