Rabu, 27 September 2017

YOSEP DARA: MENDORONG HATI UNTUK BEKERJA

Yos Dara sedang memantau Tanaman Tomat
Yosep Dara adalah putra kelahiran Wolokoli, 7 Juni 1986. Ia sekarang dipercaya sebagai kepala dusun Wolo Langga sejak Februari 2017. Yosep Dara telah menikah dengan Maria Krispina Dhai, yang adalah seorang guru pada SDN Wololangga, Desa Parabubu, Kecamatan Mego, Kabupaten Sikka.

Pada tahunn 2013, Yosep Dara bergabung dengan lembaga Wahana Tani Mandiri (WTM). Dengan bergabungnya saya sebagai kader tani, di situ saya dapat berbagai  pengalaman khususnya di bidang pertanian, kenang Yos.

Pada kesempatan itu, banyak tanaman dengan karakternya yang saya pelajari. Pada tahun 2016, saya memilih untuk mengembangkan tanaman tomat sebagai tanaman uji coba (Kaji bandinng) penggunaan pupuk kimia dan organik untuk melihat perbandingan hasilnya, seihingga pada akhirnya berhasil.

Dari keberhasilan itu, kemudian mendorong hati saya untuk lebih tekun lagi. Tahun 2017 ini, saya mengembangkan tanaman tomat sebanyak 1300 pohon.

Tanaman Tomat di Kebunnya Yos Dara
Dari 1300 pohon, saya sudah perhitungkan semua untuk panen pertama kalinya pada 22 Oktober 2017.


Selama, saya kerja menanam tomat ini, banyak hal yang saya hadapi berupa tantangan. Semua tantangan itu saya hadapi dengan kesabaran.

Maria Krispina Dhai, selalu setia membantu saya pada saat penyiraman, perawatan ketika saya lagi keluar daerah/kota. Sekalipun sebagai seorang guru tentunya banyak kesibukan, Ulas Yos. (Ryn-KN)

Tidak ada komentar:

<marquee>WTM LAKUKAN VAKSIN AYAM DI 3 KELOMPOK TANI DI EGON GAHAR</marquee>

Ansel Gogu (Kader Tani WTM) sedang Vaksin ayam anggota Kel. Tani Egon Gahar, KN , Dalam rangka mendorong sebuah pola budi daya ternak t...