Senin, 09 Mei 2016

WTM Lakukan Kunjugan Lapangan ke Mapitara

Tim WTM sedang berdiskusi dengan Maria Kasmini 
(Ketua Kelompok Natar Mage, Hale)
Maumere, KN, Mengawali program "Interesed Revenue Community Supporting Sustainable ecosystem" (Peningkatan Pendapatan Masyarakat dalam Mendukung Manajemen Ekosistem Berkelanjutan di Kawasan Egon) kerjasama Wahana Tani Mandiri (WTM) dengan Critical Ecosystem Patnership Fund (CEPF). Konsentrasi pelaksanaan program ini di kawasan Egon Ilimedo, khususnya di wilayah kecamatan Mapitara (Desa Egon Gahar, Natakoli, Hale dan Hebing. Sebagai langkah awal, pihak WTM mengutus empat staf lapangan, dibawa koordinasi Krisforus Gregorius (Koordinator Teknis Pertanian), sejak selasa, 3 - 7 Mei 2016.

Tujuan dasar mereka ke lapangan adalah sosialisasi program kepada warga dan pemerintah desa, sekaligus meng-update data kelompok tani yang ada di masing-masing desa dampingan.

Dalam kunjungan tersebut, terlihat antusias masyarakat cukup tinggi khususnya kelompok tani yang pernah didampingi WTM beberapa tahun lalu dalam program Kedaulatan Pangan WTM bersama WALHI NTT dalam kerja sama dengan Dompet Du'afa.  

Selain berdiskusi tentang tujuan program dan teknis pelaksanaanya bersama warga, tim juga sempat mendata sumber mata air yang ada di Kecamatan Mapitara. Dari hasil pendataan tersebut, ditemukan 36 sumber mata air yang tersebar di empat desa tersebut. Di desa hale terdapat 13 sumber mata air, 3 sumber mata air di Desa Hebing, 3 sumber mata air di desa Natakoli dan 7 sumber mata air di desa Egon Gahar.

Beberapa kelompok tani yang ditemui mengatakan bahwa banyak persoalan tani yang dihadapi seperti hama tanaman, serangan penyakit pada ternak, persoalan gagal tanam dan masih banyak persoalan lain sehingga mereka sangat mengharapkan pendampingan serius dari WTM.

Tidak ada komentar:

<marquee>WTM LAKUKAN VAKSIN AYAM DI 3 KELOMPOK TANI DI EGON GAHAR</marquee>

Ansel Gogu (Kader Tani WTM) sedang Vaksin ayam anggota Kel. Tani Egon Gahar, KN , Dalam rangka mendorong sebuah pola budi daya ternak t...