Selasa, 10 Januari 2017

AKU BANGGA JADI PETANI

Alex.... Begitu biasa disapa dikalangan WTM. Dalam program Wtm kerjasama dengan Missereor alex sebagai Fasilitator lapangan mendampingi kelompok-kelompok di Kecamatan Tanawawo. Filosofi “Memanusiakan manusia yang lain” selalu dikembangkan pada petani karena masyarakat petani dan generasi muda masih miskin ilmu/tekhnis pertanian. Hal ini disebabkan karena latar belakang pendidikan petani dan kemauan petani dalam mengelola usaha tani. Oleh karena itu Fasilitator lapangan berkunjung,berdiskusi di kelompok harus secara maksimal dalam hal pemberdayaan dan penguatan kapasitas petani. Di samping itu penting adanya untuk Shering Pengalaman terkait usaha tani dan permasalahan yang dihadapi petani serta mencari solusi yang sederhana untuk dikembangkan bersama.

Alex,seorang putra Batak yang berasal dari keluarga petani sudah melanglangbuana di nusantara ini tidak pernah malu dan lupa untuk berkebun,bahkan selama di Wtm di samping mendampingi kelompok tani masih meluangkan waktu untuk merawat tanaman yang ada di kebunnya. “AKU BANGGA SEBAGAI PETANI” motto ini harus kita tanamkan dalam diri sehingga akan mendorong pribadi kita untuk bekerja mengelola kebun untuk mendapatkan hasil yang kita inginkan.

Apabila petani sering berdiskusi dengan petani yang lain maka dengan sendirinya SDM dan pengalaman petani akan semakin meningkat. Yang terpenting adalah kesadaran dan kemauan dari petani itu sendiri, serta generasi muda yang menjadi ujung tombak pertanian di masa yang akan datang. Kadangkala banyak petani tidak serius dan malu jadi petani,tetapi perlu disadari bahwa petani merupakan pekerjaan yang mulia.

Petani adalah anugrah dan menjadi sosok yang dihormati karena perjuangannya,jangan berkecil hati jika anda petani tetapi berbanggalah anda sebagai petani karena semua orang membutuhkan anda. Terima kasih....lanjutkan perjuangan petani

Tidak ada komentar:

<marquee>WTM LAKUKAN VAKSIN AYAM DI 3 KELOMPOK TANI DI EGON GAHAR</marquee>

Ansel Gogu (Kader Tani WTM) sedang Vaksin ayam anggota Kel. Tani Egon Gahar, KN , Dalam rangka mendorong sebuah pola budi daya ternak t...