Jumat, 05 Mei 2017

BREAVING PENGEMBANGAN PROGRAM PENELITIAN BERSAMA PETANI

Marta, Koord. Riset dan Lingk Hidup sedang Presentasi Materi
Maumere KN. Dalam rangka implementasi program "Penguatan Kapasitas Masyarakat Tani Adaptasi Perubahan Iklim lewat Pendekatan Usaha Tani Berbasis Konservasi, melalui kerja sama WTM  dengan  Misserior- Jerman, terutama dalam bidang penelitian pemulian benih, Kaji Banding, Maria Marta Muda (Koordinator Riset dan Pengelolaan Lingkungan) mem-breifing para staf lapangan  di kantor WTM, jalan Wairklau, Maumere. 

Pada acara breaving ini, Martha  menjelaskan tentang latar belakang mengapa penelitian ini dilakukan WTM dan rumusan masalahnya. Selain itu juga disampaikan tentang mekanisme persiapan penelitian dan teknis pengembangan penilitian baik itu penelitian pemulian benih atau pun penelitian kaji banding yang akan dilakukan oleh para petani peneliti dari tiga kecamatan; yakni: Mego, Magepanda dan Tanawawo. 

Para staf sedang mengikuti breaving Penelitian (5/5/17)
Peneliti pemulian benih dari Magepanda (Kanis Garu), Mego (Beatriks Rika, Said Naja, Hendrikus Hende, Sirilus Siprianus), Tanawawo (Siprianus Rehing, Agustinus Tiga, Florianus Herzon). Kedelapan peneliti ini adalah peneliti sebelumnya yang gagal terkecuali Beatriks Rika yang berhasil menemukan padi Varietas Padi 3S (Sela, Sega Sona) yang membuatnya menjadi salah satu perempuan peraih famale food hero versi Oxfam Indonesia di Jakarta, tahun 2016.

Sedangkan, penelitian kaji banding Magepanda dilakukan oleh kelompok tani, Magepanda: Kelompok Tani Kaju Naja Oa, Kelompok Tera Jaya, Kelompok Sumur Bor, Kelompok Apun Longga), Tanawawo (Nuaheu Pega, Pamambale, Tunas Baru, Kelompok Baidua. Sedangkan Kecamatan Mego, (Kelompok Lowo Lo'o (Bhera), Bugu Supu (Dobo Nuapu'u), Kasih Ibu, Suka Tani (Dobo), Tukelaka (Bhera).


Menariknya bahwa diskusi teknis berjalan alot disaksi Kabar Nuhang. Yang mana terjadi perdebatan antar para fasilitator dan pemateri dalam hal teknis yang mana akan mewujudkan kedaulatan benih dan kampanye organik yang meluas kepada kelompok tani. Lebih dari itu, upaya ini untuk menemukan sebuah pola pertanian yang dapat meningkatkan pendapatan dan mewujudkan pertanian berkelanjutan. (Ryn - KN)










Tidak ada komentar:

<marquee>WTM LAKUKAN VAKSIN AYAM DI 3 KELOMPOK TANI DI EGON GAHAR</marquee>

Ansel Gogu (Kader Tani WTM) sedang Vaksin ayam anggota Kel. Tani Egon Gahar, KN , Dalam rangka mendorong sebuah pola budi daya ternak t...