Rabu, 16 Agustus 2017

IPNES IKUT MEMERIAHRAYAKAN HUT KE-72 RI

Regu 1 IPNeS dilepas Sekda Sikka
Maumere, KN. Ikatan Perempuan Nelayan Sikka (IPNES), sebulan dibentuk atas kerja sama Wahana Tani Mandiri (WTM) dalam kerja samanya dengan Koalisi Rakyat Untuk Keadilan Perikanan yang didukung Oxfam. IPNeS dibentuk sebagai salah satu organisasi yang beranggotakan perempuan nelayan di Sikka yang berasal dari desa atau kelurahan di pesisir wilayah pantai Utara Sikka ataupun Pantai Selatan Sikka.

Ada berbagai aktifitas yang telah dilakukan. Ada berbagai topik yang sudah dibahas. Namun dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia, IPNeS berniat untuk turut berpartisipasi dalam memeriahrayakannya melalui gerak jalan. Kegiatan ini sebagai wujud campaign bahwa ada organisasi perempuan nelayan yang sedang tumbuh dan berkembang dalam memperjuangkan hak-hak nelayan perempuan yang selama ini terabaikan atau tidak diakomodir dalam berbagai kebijaan negara.

IPNeS pada kesempatan itu dibagi menjadi dua regu, yang mana setiap regu menjadi 20 peserta. IPNeS mencatat sejarah yang berbeda dalam gerak jalan itu. Karena hampir semua peserta gerak jalan adalah peserta dari SKPD-SKPD di Sikka.

Kegiatan gerak jalan ini diawali di lapangan kota baru, depan kantor Bupati Sikka. Para peserta IPNeS dilepas bersama dengan peserta-peserta yang lain. Kegiatan ini berlansung pada hari, Selasa (15/08/17)

Ketika dibaca nama IPNeS, para hadirin semua bertepuk tangan. Dan malah ada yang berceloteh bahwa sore ini ikan tidak ada di pasar. Guyonan ini menjadi menarik bahwa IPNes menjadi grup yang berbeda dan mendapat perhatian dari publik.

Seusai mengikuti gerak jalan para peserta gerak jalan dari IPNeS berkumpul di kantor WTM, jalan Wairklau Maumere, sebagai wujud solidaritas dan kebersamaan.

Lely, Ketua IPNeS mengucapkan terima kasih kepada para peserta gerak jalan. Bahwa menjadi pemenang bukan target kita, yang penting bahwa keterlibatan kita sebagai bentuk campaign bahwa ada perempuan-perempuan nelayan yang bersolidaritas satu sama lain. (Ryn-KN)

Tidak ada komentar:

<marquee>WTM LAKUKAN VAKSIN AYAM DI 3 KELOMPOK TANI DI EGON GAHAR</marquee>

Ansel Gogu (Kader Tani WTM) sedang Vaksin ayam anggota Kel. Tani Egon Gahar, KN , Dalam rangka mendorong sebuah pola budi daya ternak t...