Selasa, 24 Oktober 2017

WTM Vaksin 300-an Ayam di Dua Kelompok Tani, Desa Hebing

Marianus Mayolis vaksin Ayam di Watukogang, Hebing
Maumere KN, Sebagai upaya mendukung budi daya ternak yang dilakukan para petani dampingan, yang terorganisir dalam kelompok tani itu dengan melakukan vaksinasi secara periodik. Vaksin ayam dilakukan Marianus Mayolis (Fasilitator Lapangan) didampingi Herry Naif (Koordinator Program) di dua kelompk tani yakni kelompok tani Watu Kogang dan Kelompok Tani Kasih Setia, desa Hebing, Kecamatan Mapitara, (24/10).

Vaksinasi periodik ini menjadi salah satu kegiatan pendampingan WTM dalam kerja samanya dengan Burung Indonesia dan Crytical Ecosystem Partnership Fund (CEPF).

Kegiatan vaksin ini dilakukan dengan pola kunjungan kandang yang mana setiap anggota kelompok menyiapkan ayam yang hendak divaksin dan vaksinatornya mengunjugi setiap anggota kelompok. 

Menurut Marianus Mayolis, bahwa dari pantauan lapangan, ditemukan bahwa sekarang beberapa anggota kelompok ada yang memiki ayam sampai limapuluhan ekor. Artinya bahwa ternak ayam juga menjadi satu pilihan alternatif yang bisa dipilih petani dalam mendukung dan meningkatkan pendapatan petani. 

Sisilia, salah satu anggota kelompok tani kasih setia mengungkapkan bahwa tahun ini ayam-ayamnya yang berjumlah limapuluhan ekor  itu tidak terjangkit penyakit ayam karena dampak dari vaksin. Karena itu kami berterima kasih kepada WTM yang membantu kami petani. Kami berharap supaya binatang lain juga divaksin seperti babi dan kambing. 

Sedangkan, Theresia Fausta (ketua kelompok tani kasih setia) menambahkan bahwa vaksinasi ini punya dampak positif yang mana ayam-ayam pemeliharaan anggota tidak terjangkit penyakit sehingga tahun ini kami masih bisa jual ayam. Seminggu yang lalu, saya mendapatkan satu juta lebih dari hasil jual ayam. Dan bila ini kami serius mengurus ayam tentunya kami bisa membantu memenuhi kebutuhan seharian kami. 

Tidak ada komentar:

<marquee>WTM LAKUKAN VAKSIN AYAM DI 3 KELOMPOK TANI DI EGON GAHAR</marquee>

Ansel Gogu (Kader Tani WTM) sedang Vaksin ayam anggota Kel. Tani Egon Gahar, KN , Dalam rangka mendorong sebuah pola budi daya ternak t...