Minggu, 04 Juni 2017

MAPALA UNIPA, SDI HEBING, PEMDES HEBING HIJAUKAN WAIR TOKE

Mauemere, KN. Dalam rangka peringatan hari kebangkitan Nasional, 20 Mei 2017 ada serangkaian kegiatan yang dilakukan Wahana Tani Mandiri (WTM) dan Mahasiswa Pencinta Alam (MAPALA) Universitas Nusa Nipa (UNIPA) bersama Siswa-siswi SD Inpres Hebing dan Masyarakat Dusun Hebing melakukan penghijauan di Kawasan Wair Toke, Desa Hebing Kecamatan Mapitara.
Beberapa kegiatan yang dilakukan diantaranya: Nonton Bareng film Kartun Lingkungan, Gerakan Penghijauan Mata Air, Bakti Sosial di kawasan Wisata Air terjun Wai Ara, (19-20/5)

Kegiatan penghijauan dihadiri,  Polikarpus (Kepdes Hebing), Rikarda Lodan (Kepala SDI Hebing), Sandi Arianto (Ketua Mapala)   dan Tin Bujak (Ketua Panitia Penyelenggara) dan Wihelmus Woda (Koordinator Advokasi WTM) dan Marianus Mayolis (Fasilitator Lapangan WTM).  

Jenis pohon yang ditanam perserta di Wair Toke, diantaranya: Beringin, Waru dan tram besi. Beberapa pohon ini menjadi pilihan karena akan mendatangkan air di masa yang akan datang.

Acara ini buka oleh Sensimus Bajo, Kepala Dusun Hebing. Dalam pembukan acara, sensy mengatakan bahwa gerakan ini dilakukan sebagai kelanjutan dari kegiatan-kegiatan yang selama ini masyarakat sudah jalankan. Penghijaaun ini dilakukan sebagai upaya penyelamatan kawasan Egon Ilimedo.

Penyerahana Anakan dari WTM ke Mapala Unipa Maumere
Sedangkan Menurut Wilhelmus Woda (Koordinator Advokasi) bahwa kegiatan ini merupakan sebuah kegiatan yang mana ingin mendorong keterlibatan para pihak terutama siswa-siswi SD Hebing yang kemudian bukan hanya menanam tetapi harus didorong sampai pada penyulalman dan pemeliharaan. Sehingga sejak dini mereka sudah ditanamkan sebuah semangat hijau yakni bagaimana menyelamatkan lingkungan hidup.
Setelah itu dilakukan penyerahan simbolik anakan pohon dari WTM yang diwakili koordinator Advokasi WTM (Wihelmus Woda) kepada Ketua Mapala (Sandi Arianto)


Marianus Mayolis, salah satu peserta kegiatan menyatakan bahwa kegiatan ini sebagai salah wujud kebangkitan akan kesadaran ekologis bagi masyarakat desa Hebing. Para mahasiswa pencinta alam dari UNIPA hadir untuk memberi motivasi bagi warga.

Tidak ada komentar:

<marquee>WTM LAKUKAN VAKSIN AYAM DI 3 KELOMPOK TANI DI EGON GAHAR</marquee>

Ansel Gogu (Kader Tani WTM) sedang Vaksin ayam anggota Kel. Tani Egon Gahar, KN , Dalam rangka mendorong sebuah pola budi daya ternak t...