Sabtu, 03 Juni 2017

WALHI NTT GELAR AKSI TOLAK TAMBANG DI NTT

Dalam rangka memperingati Hari Anti Tambang (HATAM) pada tanggal 29 Mei 2017, Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) NTT menggelar aksi tolak tambang di NTT. Aksi tersebut di gelar di Kawasan Goa Kristal yang merupakan salahsatu bagian Bentang Alam Karst Bolok, Sabtu (03/06). 
Aksi ini melibatkan beberapa komunitas peduli lingkungan seperti JATAM, Sahabat Alam NTT, Waihumba, Slankers Metal Rock Kupang, P9 Prodi Komunikasi Unwirga yang berjumlah sekitar 20 orang.
Para peserta aksi di Goa Kristal membawa berbagai atribut kampanye mulai dari spanduk dan poster yang berisikan penolakan terhadap perluasan industri tambang di NTT, Seperti “ NTT Butuh Pangan bukan Tambang”. “Selamatkan Kawasan Bentang Alam Karst Bolok dari pertambangan”. “82 persen sector konsumsi NTT berasal dari Impor. StopTambang, Fokus pada Ketahanan Pangan dan Air”. 
Aldo Judin, selaku koordinator kegiatan menuturkan bahwa selain memperingati hari tambang, tujuan aksi ini adalah menyuarakan dengan tegas penolakan terhadap segala kegiatan penambangan yang diizinkan oleh pemerintah di bumi NTT karena dinilai memiliki banyak dampak buruk terhadap lingkungan hidup.
Menurutnya, dengan diterbitkannya 309 izin tambang di NTT oleh pemerintah di NTT, maka secara otomatis pemerintah turut mendukung kegiatan perusakan terhadap lingkungan. “ Pendapatan Asli Daerah NTT 80% lebih berasal dari pertanian dan peternakan sehingga pertambangan dari pertambangan hanya nol koma sekian persen. Pemerintah seharusnya tidak memberikan ruang bagi pertambangan yang jelas lebih banyak dampak buruknya di NTT,” ujar Aldo. 
Umbu Wulang, Direktur Walhi NTT
Direktur Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Eksekutif Daerah NTT, Umbu Wulang Tanaamahu Paranggi juga menegaskan 3 hal penting melalui aksi ini. Yang pertama, sebagai bentuk peringatan kepada publik bahwa saat ini kita sedang berada dalam kondisi krisis pangan dan pemerintah pun harus menghentikan perizinan tambang serta mengevaluasi kembali perizinan tambang yang sudah diberikan. 
“Berdasarkan Mandat Pertemuan Daerah Lingkungan Hidup di Maumere tahun lalu, 32 lembaga anggota WALHI NTT yang tersebar di Sumba, Flores, Timor sepakat NTT bisa sejahtera tanpa tambang,” ujarnya.Kedua, bentang alam karst di Bolok dan sekitarnya adalah kawasan yang yang seharusnya juga dilindungi oleh undang-undang sehingga tidak untuk ditambang. Berikutnya, kegiatan ini juga mengajak publik di NTT untuk melihat persoalan-persoalan nyata di masyarakat NTT dan menolak investasi tambang yang dinilai sangat tidak cocok di NTT.
Menurutnya, persoalan yang perlu difokuskan oleh pemerintah adalah pangan dan air demi keberlangsungan kehidupan masyarakat di NTT. “ Sebaiknya Pemerintah NTT menyudahi saja mimpi untuk mensejahterakan rakyat NTT dari tambang. Bangunlah NTT sesuai dengan daya dukung dan daya tampung lingkungannya yang mana NTT adalah propinsi kepulauan,” tuturnya.
HATAM diperingati setiap tahun oleh berbagai komunitas di Indonesia sebagai upaya untuk melawan lupa tragedi lumpur Lapindo di Jawa Timur pada 29 Mei 2006 silam. WALHI NTTdan berbagai komunitas lainnya pada tahun ini memperingati HATAM dengan mengangkat tema “ Tolak Tambang Pulau Pulau Kecil, NTT Butuh Pangan bukan Tambang”.

Tidak ada komentar:

<marquee>WTM LAKUKAN VAKSIN AYAM DI 3 KELOMPOK TANI DI EGON GAHAR</marquee>

Ansel Gogu (Kader Tani WTM) sedang Vaksin ayam anggota Kel. Tani Egon Gahar, KN , Dalam rangka mendorong sebuah pola budi daya ternak t...